Kamis, 17 Maret 2011

Sejarah Masuknya Islam di Gumi Sesait (3)

SESAIT,-- Nama dan istilah Sesait berasal dari bahasa Arab, yaitu Sayyid, sebagai istilah untuk memberi gelar kepada para pemimpin agama atau orang yang memiliki pengetahuan luas dibidang agama Islam.

Kata Sayyid, juga digunakan untuk menunjuk seseorang yang memiliki gelar keturunan atau sahabat Nabi Muhammad Saw yang menyebarkan agama Islam.

Konon, berawal dari sebuah kampung kecil bernama Sesait, yang merupakan sebuah dusun tertua dan tradisional, bahwa pada zaman jelma ireng (zaman gelap/Kecikol Kondoq), datanglah seorang ulama muda dari Timur Tengah (Bagdad) bernama Sayyid Anom atau Sayyid Rahmat atau lebih dikenal dengan sebutan Raden Rahmat  untuk menyebarkan agama Islam.

Di kampung kecil inilah si Sayyid tinggal untuk menetap dan menyebarkan ajaran agama Islam. Sepeninggal  Sayyid Anom, namanya sering disebut dengan sebutan Si Sayyid (Sesait), yang kemudian diabadikan untuk memberi nama kampung tempat tinggalnya yang sampai saat ini disebut Sesait.

Dusun Sesait merupakan dusun tertua dan tradisional diwilayah Desa Sesait, yang lazim disebut dusun adat. Karena di dusun inilah terdapat benda-benda bersejarah peninggalan Sayyid Anom dalam kiprahnya menyebarkan agama Islam. Seperti Al-Qur’an tulis tangan pada kulit onta, yang usianya menurut Piagam Sesait sekitar 580 tahun yang lalu. Disamping itu, ada juga peninggalannya yang lain, seperti Mesjid Kuno, Tongkat khutbah yang terbuat dari hati pohon pisang (galih) dan Balai Agung Adat (Singgasana Raja) yang disebut Kampu.

Ajaran-ajaran yang dibawa oleh ulama Sayyid Anom ini adalah Fiqh Ushul dan Tasawuf. Dalam praktek syiarnya, metode yang dilakukan adalah tidak bertentangan dengan adat istiadat setempat. Sehingga dalam perayaan hari-hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad Saw  ketika itu, dilaksanakan secara adat. Hingga kini, ritual Maulid adat di kampung yang namanya Sesait ini, tetap lestari pelaksanaan Maulid secara Adat.

Ulama Sayyid Anom, dalam penyampaian risalah atau ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw ini, menurut Piagam Sesait, bahwa Raja Sesait Demung Melsi Jaya, berikut empat orang Patihnya masuk Islam pada awal abad ke 17.(Eko).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar