Kamis, 10 Oktober 2013

Terapkan Program, PNPM GSC Kayangan Latih Komite Sekolah SD/MI

Kayangan,(SK),-- Sejumlah Komite Sekolah tingkat SD/MI se - Kecamatan Kayangan, Rabu (09/10/2013) mengikuti pelatihan konsep dan ketentuan PNPM-GSC selama satu hari.di aula Kantor Camat Kayangan.
Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM-GSC Muzakar,S.Pd dalam penyampaian materinya mengatakan, PNPM-GSC itu perlu di kembangkan, oleh karena dari sisi kehidupan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pendidikan, kesehatan, ada beberapa masalah yang perlu di perhatikan.

Diantara beberapa masalah yang terjadi dari sisi kehidupan masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian dari program PNPM-GSC ini, menurutnya, disebabkan oleh ketidaktahuan maupun ketidakpedulian rumah tangga miskin terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan mengenyam pendidikan, ketidak-mampuan keuangan rumah tangga miskin untuk membiayai perawatan kesehatan maupun menyekolahkan anggota keluarganya serta disebabkan olek ketidak-mampuan keluarga miskin untuk secara konsisten menjaga keberlanjutan perawatan kesehatan dan pendidikan bagi anggota keluarganya.

Dikatakan, PNPM-GSC itu merupakan program fasilitasi masyarakat dalam rangka perencanaan dan pelaksanaan kegiatan untuk peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak, serta peningkatan akses pendidikan dasar dan menengah.Dimana program PNPM-GSC ini merupakan bagian dari program PNPM-MPd dalam rangka untuk melengkapi dan menguatkan gerakan pemberdayaan masyarakat desa secara menyeluruh.

Sebagai stimulan dalam menyusun perencanaan kegiatan yang akan di lakukan, PNPM-GSC ini menyediakan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM). Selain itu, menurut Muzakar, perlu di fasilitasi juga munculnya pendanaan dari sumber atau potensi lainnya, terutama yang ada pada masyarakat sendiri, pemerintah daerah ataupun dari kelompok peduli lainnya.

Di hadapan puluhan pengurus Komite Sekolah tingkat SD/MI yang mengikuti pelatihan tersebut, Muzakar menjelaskan, bahwa sasaran dari program PNPM-GSC ini memiliki sasaran kelembagaan secara langsung terkait dengan pelaksanaan di tingkat lapangan, seperti Posyandu,Poskesdes/Polindes dan Komite Sekolah.
Selain itu, di jelaskan pula prinsip-prinsip utama dalam pelaksanaan program PNPM-GSC, diantaranya keberpihakan kepada orang miskin,keberpihakan kepada perempuan, kepedulian kepada masa depan anak-anak, transparansi serta akuntabilitas.

Sementara itu, Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan Nurdin,S.Pd dalam penyampaian materi berikutnya lebih banyak menyoroti peran dan fungsi Komite Sekolah dalam membantu memajukan sekolah.Diantara peran Komite Sekolah menurutnya adalah salah satunya sebagai pemberi pertimbangan kepada pihak sekolah ketika ada rencana membangun ataupun perbaikan fasilitas sekolah, selain itu, sebagai pengontrol dan sebagai mediator.

Dikatakan, Komite Sekolah yang salah satu fungsinya yaitu sebagai lembaga pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan di sekolah, sangat berperan untuk mengetahui kondisi pendidikan siswa dan kualitas serta kapasitas sekolah.

Fasilitator PNPM-GSC dalam menjalankan tugasnya berkoordinasi dengan Komite sekolah melalui musyawarah desa dan evaluasi bulanan KPMD/TPMD untuk mengidentifikasi masalah-masalah pendidikan yang terkait dengan program PNPM-GSC.

Selian itu, para pelaku PNPM-GSC bersama-sama dengan pengurus Komite Sekolah mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan pemerataan pendidikan dasar. Koordinasi yang baik juga di butuhkan khususnya dalam melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan,program penyelenggaraan dan keluaran dari pendidikan di sekolah, misalnya dana BOS, dana DAK,UAN dan sebagainya.

Nurdin, selaku Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan berharap, dengan selesainya pelatihan pengurus Komite Sekolah tingkat SD/MI nantinya akan mampu melaksanakan tugasnya dalam membantu memajukan sekolah.”Tanpa bantuan Komite Sekolah, tidak mungkin sekolah itu bisa maju,”tandasnya yakin.(Eko)

1 komentar:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; LULUS PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    BalasHapus