Sabtu, 16 Februari 2013

40 Pejabat Esselon IV KLU Ikuti Outbond

Mataram,(SK),-- Sedikitnya ada 40 orang pejabat esselon IV yang sedang mengikuti Diklatpim angkatan XIX pola kemitraan antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah KLU mengikuti Out Bound di hutan Suranadi Narmada, Sabtu (16/02/2013).
40 orang pejabat esselon IV KLU dalam mengikuti kegiatan Outbound tersebut dibagi menjadi 4 team, yaitu team Madani dibawah pimpinan H.Moh.Tahir,SH, team Rinjani dibawah pimpinan Wayan Bratayasa,S.IP, team Dewi Anjani dibawah pimpinan Tukul Sumardiono,SP dan team Ngaso dibawah pimpinan Nisanim,S.Sos.

Pimpinan Out Bound Drs Paris Ichsan mengatakan, out Bound ini merupakan perpaduan antara Hill Walking atau pencarian jejak dan permainan games.Dimana kegiatan ini memang sengaja diadakan dengan tujuan mengembangkan team building sambil memanfaatkan alam sebagai media ruang kelasnya.
Dikatakan, outbound merupakan perpaduan antara Hill Walking atau pencarian jejak dan permainan games. Dimana keseluruhan team yang terlibat dalam mengikuti kegiatan outbound ini diharapkan nantinya tercipta kerja sama,saling percaya,kesempatan ber-eksperimen, kesempatan menggunakan otak kanan dan kiri serta dapat memberdayakan potensi diri sendiri dan belajar dari pengalaman nyata.
Kegiatan outbound yang dilaksanakan sehari penuh ini diharapkan agar setiap individu memiliki potensi yang dapat dikembangkan,seperti kemampuan dasar sebagai tingkat intelegensia,kemampuan abstraksi, kemampuan logika, kemampuan imajinasi serta daya tangkap. Selain itu adanya kemampuan sikap dalam bekerja,seperti ketekunan, ketelitian,tempo kerja dan daya tahan terhadap stress.
Pada saat star, setiap kelompok memperoleh beberapa amplop yang didalamnya berisi petunjuk teknis berkenaan dengan jalur yang telah diberi tanda tertentu sesuai dengan yang telah ditentukan Panitia.Jika ada kelompok yang tidak berhasil menemukan tanda warna yang ditempel ditembok, pohon, tiang listrik, maka kelompok tersebut sudah bisa di pastikan tidak akan mencapai finish.
Tanda warna yang ditempelkan itulah yang akan memandu kelompok yang bersangkutan dari star sampai finish.Pada beberapa titik dari jalur yang harus ditempuh oleh peserta outbound, maka panitia telah memasang rintangan yang berupa permainan atau games yang mengarah ke Team Building dan pengembangan kemampuan serta potensi diri.
Drs Paris Ichsan menerangkan, sedikitnya ada 5 bentuk permainan yang akan di lalui oleh seluruh team, diantaranya permainan Jet Formasi, yang dimainkan oleh 10 orang dengan membentuk 5 macam formasi.Setiap formasi yang dibentuk terdiri dari 4 pesawat mengarah ke beberapa penjuru dan formasi pesawat tetap 5 macam serta jumlah anggotanya 4 pesawat setiap formasi.
Kemudian permainan berikutnya adalah Madu dan Racun. Deskripsinya, terdapat sekelompok pengungsi akibat perang yang kekurangan air.Di suatu tempat, kelompok pengungsi ini menemukan beberapa gelas air bekas jebakan perang.Diantara gelas tersebut, disamping berisi air,juga berisi racun.Tugas dari team outbound ini adalah untuk memindahkan gelas dan racun tersebut ke tempat lain menggunakan benang tanpa harus di sentuh tangan.
Berikutnya permainan Speder Webb, yaitu perminan jaring laba-laba yang merupakan perangkap yang dahsyat, apabila sampai ada yang terperangkap maka sulit untuk melepaskan diri dari serta jarring laba-laba tersebut.Untuk bisa melewati jarring laba-laba ini, maka team outbond yang terdiri dari 40 orang pejabat esselon IV yang terbagai menjadi 4 team tesebut diperlukan kesabaran dan kehati-hatian.Karena seluruh anggota team harus melewati lubang jarring laba-laba itu denganh ketentuan satu lubang hanya boleh dilewati satu orang serta tidak boleh menyentuh jarring.
Permainan selanjutnya adalah pertukaran tawanan perang.Dalam permainan ini diperintahkan untuk memindahkan tawanan perang Negara A ke Negara B, begitu pula sebaliknya, tawanan perang Negara B dipndahkan ke Negara A.Tawanan perang hanya boleh bertemu atau berhadapan pada Negara C dan boleh melangkah satu atau maksimal dua langkah. Serta permainan yang terakhir adalah permainan atas bawah oke. Dalam permainan ini, hanya boleh melewati 3 lubang gua yang ada, dimana luabang gua A hanya boleh dilewati satu orang, lubang gua kedua hanya boleh dilewati dua orang pengungsi.Sedangkan anggota yang lainnya harus melewati lubang gua yang ketiga dengan ketentuan setiap orang yang akan lewat harus diterima oleh 3 orang yang telah melewati lubang gua pertama dan kedua.Dalam permainan ini tidak semua anggota team bisa di selamatkan.Maka untuk menyelamatkannya harus meminta bantuan kepada pihak lain.
Dari seluruh rangkaian permainan yang dilaksanakan ini, maka hasilnya di menangkan oleh team Madani dibawah pimpinan H.Moh.Tahir,SH, diikuti team Dewi Anjani dibawah pimpinan Tukul Sumardiono,SP, team Ngaso dibawah pimpinan Nisanim,S dibawah pimpinan .Sos dan team Rinjani dibawah pimpinan Wayan Bratayasa,S.IP.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar