Senin, 21 Januari 2013

Suka Duka Budidayakan Ikan Lele di Montong Singgan Salut

Kayangan,(SK),--- Kelompok Tani Mele Maju Dusun Montong Singgan Desa Salut Kecamatan Kayanagn,kini bisa bernafas lega.
Pasalnya, setelah di kunjungi Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH dalam panen perdananya, Selasa (15/01/2013) lalu, kelompok ini patut bersyukur karena sudah mampu membudi-dayakan ikan lele di kolam yang terbuat dari Terpal. Anggapan sebagian orang selama ini yang tidak percaya dan tidak yakin akan keberhasilan kelompok tani mele maju dalam membudi-dayakan ikan lele diatas kolam terbuat dari terpal ini, kini terjawab sudah.

Keberadaan kelompok tani mele maju dalam usahanya membudi-dayakan ikan lele selama ini, memang banyak suka-dukanya.Mulai dari merekrut anggota, meyakinkan anggota kelompok,mencari bibit,menjalankan manajemen hingga bagaimana mengembangkan usahanya. Apalagi lokasi membudi-dayakan ikan lele tersebut memang di daerah pegunungan yang sulit dan tidak mungkin air bisa mengalir ke daerah tersebut.

Namun berangkat dari keyakinan seorang H.Haerudin selaku penasehat dari kelompok ini bersama ketuanya Kartono, mampu meyakinkan dan membimbing kelompoknya untuk berfikir keras bagaimana caranya sehingga kelompok tani mele maju yang sudah dibentuknya sejak tahun 2009 lalu itu dapat eksis menjalankan niat baiknya selama ini. Bahkan tidak jarang pihaknya mendapat tudingan dari masyarakat yang tidak yakin bahwa usahanya itu akan berhasil.

Keyakinan H.Haerudin untuk terus berusaha mengembangkan kelompok ini rupanya tidak sia-sia.Dia yakin bahwa ketika pada jaman Nabi Nuh,as dulu katanya, Nabi Nuh as juga pernah membuat kapal di atas gunung yang di cemoohkan oleh ummatnya.Namun Nabi Nuh as ketika itu tidak memperdulikan cemoohan dari ummatnya itu.Nabi Nuh as terus saja membuat kapal hingga selesai. Rupanya keyakinan seperti yang di perbuat Nabi Nuh as itulah yang mengilhami H.Haerudin bersama anggota kelompoknya untuk terus berusaha mengembangkan usahanya membudi-dayakan ikan lele yang walau di atas bukit.Berkat keyakinannya itulah hingga akhirnya ketika panen perdananya di lakukan oleh Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH.

Saat acara panen perdana ikan lele milik Kelompok Tani Ingin Maju Dusun Montong Singgan Desa Salut Kecamatan Kayangan dibawah asuhan H.Haerudin tersebut, Bupati KLU dalam sekapur sirihnya menuturkan pengalamannya ketika pertama kali dilantik menjadi Bupati KLU pada tahun 2010 lalu.Saat itu katanya,KLU masih banyak kekurangan, angka kemiskinan tertinggi di NTB yaitu sebesar 43,14 %, infrastruktur banyak yang rusak,belum memiliki Rumah Sakit dan hanya memiliki lima puskesmas.Sehingga ketika ada warga masyarakat yang sakit, tidak langsung di tangani di Puskesmas, tetapi harus di rujuk ke Mataram.”Alhamdulillah, pada tahun ini kita sedang bangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Tanjung berlantai dua. Ketika sudah jadi maka akan di isi dengan tenaga-tenaga dokter yang spesialis. Ini merupakan ikhtiar kita dalam rangka melayani masyarakat untuk peningkatan derajat kesehatan,”ungkap Bupati.

Pengalaman memimpin KLU selama ini, Bupati Djohan Sjamsu mengatakan cukup berat, tetapi berkat perjuangan dan dukungan seluruh masyarakat Dayan Gunung akhirnya semua itu berhasil.Untuk itu,Djohan meminta kepada masyarakat di daerah ini untuk membina persatuan dan kesatuan dalam membangun daerah Tioq Tata Tunaq ini, jangan berbeda pendapat segala macam.Boleh kita berbeda agama,berbeda adat istiadat tetapi dalam suasana Negara Kesatuan Republik Indonesia.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar