Senin, 21 Januari 2013

Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq Bat Pawang, Resmi di Kukuhkan

Kayangan,(SK),-- Dengan di kukuhkannya Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq Dusun Bat Pawang Desa Sesait, oleh Camat Kayangan atas nama Bupati KLU, Senin,(21/01/2013), maka bertambah pula perbendaharaan jumlah kelompok ternak di Kecamatan Kayangan menjadi 59 buah. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas PPKKP KLU,DPRD,Camat Kayangan, UPTD PPKKP Kecamatan Kayangan, Pemusungan terpilih Sesait, Kadus se-Desa Sesait, Ketua Kelompok ternak se Kecamatan Kayangan dan undangan lainnya.
Hingga akhir Januari 2013 ini tercatat 59 jumlah kelompok ternak di Kecamatan Kayangan, termasuk kelompok ternak Tetu Tanta Tunaq yang ada di Dusun Bat Pawang ini. Dari jumlah tersebut, 56 kelompok yang sudah mendapatkan bantuan dari Pemerintah dan yang paling banyak dari Desa Sesait ini yaitu 45 kelompok.Namun dikaui Suweden masih banyak kelompok ternak lainnya yang masih menunggu giliran untuk di kukuhkan. 

Kepala UPTD PPKKP Kecamatan Kayangan I Wayan Suweden mengatakan, bahwa untuk tingkat Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Kayangan yang paling banyak jumlah kelompok ternaknya yaitu 59 kelompok..”Ini adalah salah satu bentuk keberpihakan Pemerintah pada masyarakatnya, ”katanya.

Wayan Suweden juga pada kesempatan tersebut minta kepada Ketua Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq yang ada di Dusun Bat Pawang ini untuk melengkapi AD/ART, Struktur Kepengurusan, dan lain-lain terkait dengan kelengkapan administrasi kelompok tersebut. Ketua Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq Dusun Bat Pawang Murjayawadin dalam laporannya menyampaikan bahwa kelompok ternak Tetu Tanta Tunaq ini dibentuk tanggal 12 Desember 2012 dengan jumlah anggota 52 orang, dengan komposisi Ketua Murjayawadin, Sekretaris Dedi Hartono, Bendahara Salwi. Sedangkan jumlah populasi ternak yang tergabung dalam kelompok ini 83 ekor sapi, dengan rincian 46 ekor sapi jantan dan 37 ekor sapi betina.Namun sebagian dari peternak di sini belum memiliki tempat sehingga lokasi ini dalam waktu dekat akan di kembangkan sehingga seluruh anggota kelompok peternak bisa tertampung.

Susianto,S.Pd selaku seksi Humas dari Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq Dusun Bat Pawang mengatakan, dari jumlah populasi ternak 83 ekor sapi ini menempati kandang kolektif seluas 50 are dengan pengadaan swadaya.Ini pun katanya masih perlu di kembangkan.

Susianto,S.Pd juga menyatakan bahwa tujuan di bentuknya Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq ini, bukan semata-mata mengharapkan bantuan dana, melainkan yang lebih penting katanya adalah bantuan pembinaan dan penyuluhan dari Pemerintah, dengan harapan terlahirnya peternak-peternak yang unggul serta hasil ternak yang berkualitas.

“Selama kami membentuk kelompok ternak ini, banyak hal yang dapat kami peroleh, diantaranya, ternak kami aman, lingkungan menjadi bersih,lebih mudah akses pembinaan dan pelayanan dari petugas teknis bidang peternakan, ”katanya.

Disamping itu, katanya, yang lebih penting adalah tumbuhnya rasa dan semangat gotong royong antar anggota, memudahkan akses informasi. timbulnya rasa kesadaran dalam berorganisasi serta memudahkan pembinaan dari dinas terkait.Disampaikan pula bentuk fisik dari kandang kolektif ini sudah memiliki nomor local yang dimiliki oleh masing –masing peternak dengan nomor yang berbeda dengan tujuan untuk memudahkan pelayanan, dimana dalam kandang ini juga sudah ada denah lokasi, administrasi lengkap, yang walaupun tidak ada juknis khusus dari DPPKKP. ”Ini kami buat berdasarkan inovasi, inovatif,kreatifitas dari kelompoik kami sendiri,”katanya.

Susianto, selaku Humas dalam Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq ini juga berharap agar kelompoknya terus diberikan pembinaan, baik secara kelembagaan maupun secara teknis cara beternak dengan sentuhan-sentuhan teknologi, sehingga bisa diserap dan diaplikasikan dalam kelompoknya.Sebab selama ini,katanya dengan terbentuknya kelompok ini maka seluruh pencuri yang biasa berkeliaran mencari mangsanya saat ini sedang menangis, karena peluang mereka untuk mendapatkan rizki sudah tertutup.

Sementara itu Camat Kayangan Tresnahadi dalam pengantarnya usai mengukuhkan Kepengurusan Kelompok Ternak Tetu Tanta Tunaq Dusun Bat Pawang tersebut bepesan, agar sesering mungkin selalu berkoordinasi dengan pihak dinas terkait untuk pembinaan lebih lanjut.

Tresnahadi juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung Pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan di daerah KLU yang masih tergolong usia muda ini. “Kalau ada aspirasi yang mau disampaikan kepada Pemerintah, jangan demo dan merusak fasilitas Pemerintah, seperti halnya terjadi di daerah lain,”katanya.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar