Selasa, 27 November 2012

Debat Calon Kades Dangiang, Berlangsung Sederhana

Dangiang,(SK),--- Penyampaian visi dan misi tujuh calon kandidat Kepala Desa Dangiang telah dilaksanakan, Sabtu (24/11/2012) di halaman Kantor Desa Dangiang, dengan panelis Ketut Bambang Suralaga (Kasi Pemerintahan Kecamatan Kayangan),Habibullah (PPK Kecamatan Kayangan) dan Yusniah (KPMD Desa Dangiang) serta moderator Eko Sekiadim,S.Sos (Kasi Trantib Kecamatan Kayangan).

Ketua Panitia Pilkades Dangiang Ahmad Afandi,S.Pd dalam pengantarnya mengatakan, acara yang di gelar ini adalah salah satu rangkaian dari tahapan yang telah di buat oleh Panitia Pilkades, yaitu sebelum dilaksanakannya pemungutan suara yang di rencanakan pada tanggal 10 Desember 2012 mendatang, di dahului dengan kegiatan penyampaian visi dan misi dari masing-masing calon.Dimana visi yang di sampaikan oleh masing-masing kandidat calon ini adalah salah satu tujuan atau mimpi yang harus di jalankan setelah terpilih nantinya.

Dikatakan, tujuh orang Kandidat yang akan menyampaikan visi dan misinya ini adalah yang sudah di nyatakan lulus dalam penjaringan calon dan lulus verifikasi, yang telah dilaksanakan dua hari sebelumnya, (Kamis, 22/111/2012).

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Dangiang yang sehari-harinya juga bertugas sebagai Sarjana Penggerak Membangun Desa (SPMD) ini berharap, kedepan Dangiang akan lebih baik dari sebelumnya.Disamping itu, Ahmad Afandi,S.Pd juga mengucapkan terima kasih kepada para kandidat yang telah maju dalam bursa calon Kepala Desa Dangiang ini, mudah-mudahan bisa membangun Desa Dangiang ini kearah yang lebih baik,maju dan beradab.

“Siapapun yang terpilih nanti sebagai Kepala Desa Dangiang untuk periode 2013-2019 mendatang adalah yang terbaik untuk desa ini,”katanya.

Sebelum sampai pada tahapan penyampaian visi dan misi yang diselenggarakan cukup sederhana ini,Ahmad Afandi menerangkan bahwa, hasil verifikasi bakal calon Kepala Desa Dangiang telah ditetapkan pada tanggal 19 November 2012, dimana dari 8 bakal calon yang mendaftar pada Panitia Pilkades, 7 orang diantaranya lolos dan satu orang tidak lolos (Incambent). Hal ini disebabkan karena Incambent terbentur dengan beberapa persyaratan yang mengharuskan Panitia tidak meloloskannya.

Dalam penyampaian visi dan misi para kandidat calon Kepala Desa Dangiang, dari tujuh calon, oleh Moderator Eko Sekiadim,S.Sos di berikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya, berdasarkan nomor urut calon yang telah di tetapkan tanggal 22 November 2012 lalu.

Calon yang mendapatkan kesempatan pertama sesuai dengan nomor urut calon adalah Sirajudin, yang menempati nomor urut 01. Dalam penyampaian visi dan misinya ini, Sirajudin menyampaikan visinya terwujudnya masyarakat Desa Dangiang menjadi Desa yang maju,mandiri dan Berdaya Saing.

Sedangkan dalam misinya, Sirajudin asal Dangiang Timur ini menginginkan agar nantinya di Desa Dangiang yang menjadi keinginannya ketika dirinya dipercaya untuk memimpin Desa Dangiang untuk enam tahun kedepan adalah yang pertama; mendirikan lembaga PAUD/TK di Dusun yang belum di jangkau oleh PAUD/TK yang sudah ada. Kedua;menyediakan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi. Ketiga; membangun ekonomi kerakyatan melalui gerakan masyarakat berkoperasi (Gemaskop). Keempat; Memberdayakan usaha kecil dan menengah serta membentuk sentra-sentra usaha kecil dan menengah di beberapa titik yang memiliki potensi.Kelima; memberdayakan organisasi kepemudaan dan yang keenam; menciptakan pemerintahan desa yang bersih dan transparansi.”Insya Allah semua ini tentunya akan bisa terwujud jika seluruh masyarakat Desa Dangiang turut mendukung dan mendo’akan saya menuju Dangiang satu.”harap Sirajudin.

Kandidat calon Kepala Desa Dangiang nomor urut 02 Arsudin asal Kebun Kunyit yang pada giliran berikutnya menyampaikan visi dan misinya, dengan diawali dengan mengungkapkan keadaan umum masyarakat Desa Dangiang yang penuh dengan keterpurukan. Dimana kondisi social kehidupan masyarakatnya, disamping sebagai pedagang, juga sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.Keterpurukan yang dimaksud calon nomor urut dua ini adalah kebutuhan akan air bersih maupun pelayanan irigasi semakin langka di dapatkan.Selain itu, Arsudin juga ingin mengangkat derajat dan memberdayakan para pemuda dalam membangun kebersamaan.

Dalam penyampaian visi dan misinya itu,Arsudin mengangkat tiga issu yang menurutnya sangat penting untuk diperhatikan, yaitu masalah keterpurukan kehidupan masyarakat, masalah kehidupan para petani dalam memperoleh pelayanan air irigasi maupun air bersih, termasuk juga lilitan para candak tengkulah dalam permainan harga dan masalah pemberdayaan pemuda yang masih di marginalkan.

Kemudian giliran calon nomor urut 03 asal Dangiang Timur Tengah Agus Sugeng Winarto menyampaikan Visi dan misinya. Mengawali penyampaian visi dan misinya dengan menyampaikan salam restorasi yaitu salam persaudaraan dan persahabatan antara sesama calon.Visi yang di tawarkannya adalah membangun kebersamaan di semua level. Sebab tanpa kebersamaan menurutnya, tentu semua program yang sudah direncanakan tidak akan berhasil dijalankan.Sementara misinya yang ditawarkan oleh calon nomor 03 yang masih menduda ini diantaranya,merangkul semua tokoh atau mantan pejabat yang pernah berjasa di Desa Dangiang ini, mulai dari RT hingga pimpinan tertinggi di desa.Kemudian akan membangun jaringan dengan semua stackholder yang ada serta membersihkan kabinet ditingkat aparatur Desa Dangiang dari keterpurukan,ketidak – mampuan dan ketidaktransparanan.

Nomor urut 04 yang ditempati H.Moh.Edy Prayitno, mengawali penyampaian visi dan misinya lebih memberikan gambaran perjuangannya bersama para tokoh Desa Dangiang dari sejak mekar dari Desa Induk (Desa Kayangan) tahun 2001 lalu, hingga menjadi Desa yang utuh.Bagaimana kebersamaan ditingkat keluarga, yang diinginkannya adalah bukan perpecahan tapi kebersamaan.Sedangkan visinya singkat tapi mengandung makna yang luas,”Ku tahu yang kau mau,”katanya seraya mengaku akan terus maju menyelsaikan tugasnya selaku Kepala Desa untuk menuntaskan program yang masih tertunda serta mengajak masyarakat Desa ini berfikiran cerdas.

Moh.Arifin asal Dangiang Timur di nomor urut 05 mengawali penyampaian visi dan misinya dengan melihat kondisi geografis Desa Dangiang yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani dan sebagian kecil sebagai buruh serta selebihnya itu bermata pencaharian sebagai pedagang atau pengusaha.

Melihat kondisi ini Mohamad Arifin tampil ingin membawa perubahan untuk memperjuangkan nasib masyarakat agar lebih terjamin dalam menjalankan restorasi kehidupan.Sehingga dirinya optimis ketika nantinya dipercaya memimpin desa ini, maka hal pertama dilakukannya memperbaiki taraf hidup masyarakat petani.”Apa saja bisa ditanam di daerah ini akan hidup, kecuali tiang listrik,”katanya.

Untuk mendukung visinya itu,maka Mohamad Arifin menuangkannya dalam misi programnya, yaitu memperbaiki saluran irigasi tersier yang masih dalam kondisi kurang bagus,membangun transparansi anggaran dengan selalu mengumumkannya (keterbukaan) dan memberikan pelayanan prima (ramah dan memuaskan).

Moh.Fadli,S.Pd asal Dangiang Timur (mantan staf/Kaur Pembangunan Desa Dangiang periode H.Ihsan Arif) yang menduduki nomor urut 06 menyampaikan visinya cerdas, spiritual,sejahtera dalam berekonomi. Sedangkan misinya menjadikan seorang pemimpin yang adil, cerdas dan akuntable, membangun masyarakat secara ekonomi (ekonomi konsumtif) serta memberdayakan pemuda harapan bangsa, menjalin kerjasama dengan semua stackholder dalam memberdayakan SDM sesuai dengan keahlian masing-masing.

Disamping itu, Moh.Fadli,S.Pd mengajak semua calon yang tampil saat ini untuk membantu dirinya dalam memimpin Desa Dangiang untuk enam tahun kedepan, ketika dirinya terpilih dalam pemilihan Kepala Desa yang digelar Panitia Pilkades 10 Desember 2012 mendatang.

Sementara di posisi terakhir yaitu nomor urut 7 di tempati oleh Budi Hartono (Kadus Dangiang Timur), mengungkapkan dirinya bangga terhadap para calon Kepala Desa lainnya yang telah menyampaikan visi dan misinya, yang semuanya bagus untuk membangun desa ini agar lebih baik. Dirinya juga mengaku akan mencoba menyampaikan visi dan misinya selaku calon Kepala Desa Dangiang, karena memang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Panitia Pilkades.

Visi yang ditawarkan Budi Hartono yang dikalangan masyarakat setempat dikenal dengan nama ‘Gendut’ ini adalah jika dirinya terpilih atau tidak dalam pemilihan nantinya, dirinya akan tetap menjalankan tugas sebagai pemegang amanah yang selama ini dipercayakan kepadanya (Kadus Dangiang Timur). Dan ketika dirinya terpilih nantinya atau tidak terpilih, juga dalam misinya mengaku juga akan selalu siap berdiri ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang prima, dalam arti siap melayani masyarakat yang harnonis dan memuaskan.

Jika nantinya Budi Hartono (Kadus Dangiang Timur). terpilih ataupun tidak terpilih sebagai Kepala Desa Dangiang untuk periode 2013-2019 mendatang, maka dirinya akan melakukan 5 prilaku yaitu jujur,disiplin dan konsisten,berfikir positif,respon serta pro aktif.

Budi Hartono calon nomor urut 07
Penjabat Kepala Desa Dangiang Muhzar (Sekdes) Dangiang mengatakan,dari semua calon yang telah menyampaikan visi dan misinya ini adalah semuanya baik, yaitu ingin membangun desa ini kearah yang lebih baik dari sebelumnya.Oleh karena itu, siapapun yang terpilih nantinya, itulah yang terbaiki buat Desa kita untuk 6 tahun kedepan.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar