Sabtu, 18 Agustus 2012

HUT RI Ke 67 Kecamatan Kayangan Berlangsung Sederhana

Kayangan, -- Puncak peringatan HUT RI ke 67 dan HUT Kecamatan Kayangan ke 12 tahun 2012 di tandai dengan Upacara Bendera yang dilaksanakan di lapangan umum Kecamatan Kayangan tanggal 17 Agustus 2012.
Bertindak selaku Inspektur Upcacara adalah Camat Kayangan Tresnahadi,S.Pt. Pada peringatan HUT RI ke 67 dan HUT Kecamatan Kayangan ke 12 tahun ini, banyak melibatkan para petugas dari unsur Polsek Kayangan, seperti Komandan Upacara dan Danki. Sedangkan Danki lainnya melibatkan anggota Pol.PP dan DKR Pramuka Kayangan. Tidak itu saja,Pasukan Pengibar Bendera (Paskib) juga melibatkan sekolah-sekolah SMA/MA yang tersebar di wilayah Kecamatan Kayangan.

Pada peringatan HUT RI dan HUT Kecamatan Kayangan kali ini, dihadiri oleh anggota Muspika,para Kepala SKPD tingkat Kecamatan, para Kepala Desa, Kepala Dusun, BPD, LPM,Tokoh Agama,Tokoh masyarakat se Kecamatan Kayangan serta siswa–siswi SD, SMP, SMA/MA,Pramuka, PMR, Kelompok Wana Tani Kayangan, Karang Taruna Kayangan, dan Bajang Patuh Lokok Sutrang.

Dalam sambutan Bupati Lombok Utara yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menegaskan bahwa, daerah ”Tioq Tata Tunaq” yang baru berusia 4 tahun membutuhkan semangat patriotisme yang tinggi untuk mengisi kemerdekaan. Dengan kerja keras sungguh-sungguh maka pembangunan Lombok Utara lebih maju dan beradab.

Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, dalam amanatnya tersebut menekankan bahwa, dinamika pembangunan, baik fisik maupun non fisik, terus diperjuangkan pelaksanaannya, guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, terbebas dari keterbelakangan dan ketertinggalan, meski hasil yang diperoleh belumlah sempurna, namun secara perlahan sudah mengarah kepada peningkatan yang menggembirakan.

Peringatan HUT RI kali ini mengambil tema, dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945,kita bekerja keras untuk kemajuan bersama, kita tingkatkan pemerataan hasil-hasil pembangunan untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tema ini diharapkan Bupati, akan semakin menumbuhkan kesadaran bersama, untuk lebih meningkatkan akselerasi program pembangunan, sehingga hasil dari pembangunan tersebut dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat KLU.

Selanjutnya Bupati Djohan Sjamsu juga memaparkan bahwa Nasionalisme dan rasa kebangsaan terasa mengalami kemajuan, seiring dengan semakin tumbuhnya kesadaran dan kian mantapnya pendidikan politik masyarakat Lombok Utara.

Dikatakan Bupati, semua pihak patut berbangga, dalam mengisi kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan, Kabupaten Lombok Utara telah turut mendorong dinamika perkembangan otonomi daerah di tanah air. Selain itu, kata Bupati, seluruh masyarakat KLU patut bersyukur kehidupan sosial ekonomi,budaya dan politik di KLU senantiasa berjalan dengan tertib,aman dan lancar.Hal ini membuktikan bahwa hubungan kemitraan dan sinergi antara Pemerintah, stackholgers,pemuka agama dan masyarakat terjalin dengan baik.

Di usianya yang genap 4 tahun pada tanggal 21 Juli 2012 lalu,proses pembangunan di KLU telah dilaksanakan secara bertahap menuju kondisi yang diharapkan.Meskipun masih terdapat beberapa persoalan yang menuntut perhatian bersama, namun secara umum harus ada yang di syukuri tentang adanya keberhasilan pembangunan yang diraih dan capai untuk daerah Tioq Tata Tunaq tercinta ini.

Oleh karena itu,Bupati Djohan Sjamsu pada akhir amanatnya menyampaikan beberapa hal, diantaranya, indeks pembangunan manusia (IPM) KLU mengalami peningkatan dari 57,79% tahun 2008 menjadi 58,40% tahun 2009 dan 58,96% tahun 2010.Rata-rata pertumbuhan IPM pertahun mencapai 1,01%, sehingga dari hasil tersebut, maka pada tahun 2012 ini,KLU menduduki rangking pertama untuk tingkat pertumbuhan IPM di Provinsi NTB.

Kemudian masalah total pendapatan daerah pada tahun 2011 ditargetkan sebesar 386,72 Milyar rupiah lebih.Target pendapatan ini dapat terlampaui dengan realisasi sebesar 402,44 Milayr rupiah lebih atau 104,06% dari target.Hal ini mengindikasikan kemandirian KLU sebagai daerah otonomi baru.

Selanjutnya masalah pertumbuhan ekonomi KLU dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dimana pada tahun 2011,ekonomi tumbuh mencapai 5,71%, jauh diatas pertumbuhan tahun 2010 yang besarnya 4,03%.Kondisi ini menunjukkan bahwa pertumbuhan tersebut mampu mengimbangi laju inflasi yang terjadi di daerah Dayan Gunung ini.

Selain itu masalah pembangunan Infrastruktur pelayanan dasar menunjukkan perkembangan yang signifikan.Salah satunya adalah untuk kondisi jalan sampai dengan tahun 2011, dari 209,57 KM jalan Kabupaten,67,85 KM dalam kondisi baik dan 45,44KM dalam kondisi sedang.Khusus untuk infrastruktur perumahan, pada tahun 2012 ini pemerintah KLU mengalokasikan dana 4 Milyar rupiah untuk melanjutkan pelaksanaan kegiatan yang diperuntukkan bagi rehabilitasi 400 rumah tidak layak huni (RTLH).

Pada akhir sambutannya Bupati mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Lombok Utara untuk saling bekerja sama bahu membahu dan rasa kebersamaan yang sangat dibutuhkan. Satukanlah hati, niat dan langkah,serta kuatkanlah rasa kebersamaan kegotong royongan dalam berbagai kegiatan demi kemajuan Lombok Utara guna mencapai masyarakat dayan gunung yang lebih maju dan beradab. ( Eko ).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar