Senin, 28 Mei 2012

MTQ Sebagai Daya Gerak Pembangunan dan Kesatuan Ummat

Pemenang,(SK),--- Pelaksanaan MTQ ke-3 tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2012 berakhir sudah dengan bertahannya Kecamatan Pemenang sebagai Juara Umum.

Keberhasilan Kecamatan Pemenang mempertahankan juara umum tiga kali berturut-turut ini menjadi prestasi tersendiri, sehingga dengan demikian piala bergilir MTQ yang selama ini bercokol di Kecamatan paling ujung barat KLU tersebut, menjadi piala tetap untuk Kecamatan Pemenang.

Keberhasilan mempertahankan juara umum ini berkat kerja keras dari semua pihak, termasuk pelatih,qori’ dan qori’ah yang terus meningkatkan kemampuannya, sehingga tiap tahunnya mampu menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Kecamatan Pemenang di bawah pimpinan Camat Muldani yang juga asli putra Pemenang.

Ketua panitia MTQ ke- III tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2012 Drs Suardi,MH dalam laporannya mengawali malam anugerah bagi para juara dalam MTQ yang berlangsung selama 5 hari di Kecamatan Pemenang itu mengatakan, bahwa pelaksanaan MTQ ke-III tingkat Kabupaten Lombok Utara ini dapat berlangsung dengan lancar,aman serta tertib, adalah berkat Ridho Allah Swt. Disamping itu, karena keyakinan dan kebersamaan seluruh panitia, sehingga pelaksanaan MTQ yang ketiga tingkat Kabupaten Lombok Utara ini berhasil dan sukses.

Dikatakan Suardi, pada saat pawai ta’aruf yang menjadi persoalan katanya adalah rute yang menggunakan jalur satu akan macet total. Kendati pun demikian kekhawatiran itu tidak terjadi, dan dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Seluruh kafilah dari masing-masing Kecamatan dengan antusias mengikuti pawai ta’aruf tersebut.

”Alhamdulillah,dari sejak awal pelaksanaan MTQ hingga berkhirnya, kondisi para kafilah,offisiel serta dewan hakim, tetap sehat sehingga dapat menjalankan tugas masing-masing, ”katanya.

“Keberhasilan ini adalah merupakan hasil maksimal dari seluruh stacholder yang patut kita syukuri,”puji Suardi yang juga Sekda KLU ini.

Suardi juga berharap kepada para dewan hakim untuk terus membantu para qori’ dan qori’ah dalam pembinaan selanjutnya. Kepada qori’ dan qori’ah yang mendapatkan keberuntungan memperoleh juara, jangan terlalu bangga dengan itu, teruslah tingkatkan kembali kemampuannya masing-masing agar lebih baik lagi. Kepada yang belum beruntung, jangan berkecil hati, teruslah belajar dan belajar, tingkatkan prestasi, serta terus upayakan melakukan perbaikan dan pembinaan segala kekurangan untuk memperbaikinya di tempat masing-masing.

“Jadikanlah momen MTQ ke-III tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2012 ini sebagai daya gerak pembangunan persatuan dan kesatuan ummat,”pesan Suardi.

Sementara itu,Sekretaris Panitia MTQ ke-III tingkat Kabupaten Lombok Utara Muhammad, membacakan Surat Keputusan Dewan Hakim yang di ketuai oleh TGH Nurul Wathoni tentang peserta terbaik dan juara umum.

Untuk peserta terbaik cabang tilawah golongan tartil anak-anak, qori : jauara 1 Qosim Ahyar dari Kecamatan Gangga, juara 2 Fahrurrozi dari Kecamatan Pemenang dan juara 3 Yoga Saputra dari Kecamatan Bayan.Di bagian Qori’ah, juara 1 Novitasari dari Kecamatan Pemenang, juara 2 Siti Nurasiah dari Kecamatan Kayangan dan juara 3 Rahmi Arzati dari Kecamatan Gangga.

Untuk peserta terbaik cabang tilawah golongan anak-anak, Qori’ juara 1 Rizki Raindan dari Kecamatan Tanjung, juara 2 Toni dari Kecamatan Pemenang dan juara 3 Yogi Susandi dari Kecamatan Kayangan. Sera dibagian Qori’ah, juara 1 Fajriana dari Kecamatan Tanjung, juara 2 Usdiani dari Kecamatan Pemenang dan juara 3 Settila Irawani dari Kecamatan Bayan.

Untuk peserta terbaik cabang tilawah golongan Remaja, Qori’, juara 1 Alwi M dari Kecamatan Pemenang, juara 2 Faturrahman dari Kecamatan Tanjung dan juara 3 M.Zikri dari Kecamatan Bayan. Dibagian Qori’ah, juara 1 Laely Suaeda dari Kecamatan Kayangan, juara 2 Sri Handini dari Kecamatan Pemenang dan juara 3 Hartini dari Kecamatan Gangga.

Untuk peserta terbaik cabang tilawah golongan Dewasa, Qori’ juara 1 Syamsul Akhyar dari Kecamatan Gangga, juara 2 Saparwi dari Kecamatan Pemenang dan juara 3 Ibnu Malkam dari Kecamatan Kayangan. Dibagian Qori’ah, juara 1 Uswatun Hasanah dari Kecamatan Kayangan, juara 2 Hj.Qurratun dari Kecamatan Bayan dan juara 3 Rusniati dari Kecamatan Gangga. Sedangkan untuk tilawah Cacat Netra, terbaik satu Baiq Saodah dari Kecamatan Kayangan.

Untuk cabang Syarhil Al-Qur’an tingkat SMA/MA, juara 1 Kecamatan Pemenang, juara 2 Kecamatan Gangga dan juara 3 Kecamatan Kayangan.

Untuk cabang Syarhil Al-Qur’an tingkat Mahasiswa, juara 1 Kecamatan Gangga, juara 2 Kecamatan Pemenang dan juara 3 Kecamatan Tanjung.

Untuk cabang Fahmil Al-Qur’an tingkat SD/MI, juara 1 Kecamatan Gangga, juara 2 Kecamatan Pemenang dan juara 3 Kecamatan Kayangan.

Untuk cabang Fahmil Al-Qur’an tingkat SMP/MTs/SMA/MA, juara 1 Kecamatan Gangga, juara 2 Kecamatan Kayangan dan juara 3 Kecamatan Pemenang.

Untuk cabang Khot Naskah Al-Qur’an tingkat Putra, juara 1 Ariyanto dari Kecamatan Gangga, juara 2 Nur Gede dari Kecamatan Bayan dan juara 3 Sulton Hadi dari Kecamatan Tanjung.

Untuk cabang Khot Al-Qur’an tingkat Putri, juara 1 Susiyani,S.Pd dari Kecamatan Tanjung, juara 2 Hartikayanti dari Kecamatan Pemenang dan juara 3 Yuyun Laras dari Kecamatan Kayangan.

Untuk cabang Khot Mushaf Al-Qur’an tingkat Putra, juara 1 M.Yunus dari Kecamatan Gangga, juara 2 Zukri dari Kecamatan Pemenag dan juara 3 Suryadi dari Kecamatan Bayan.

Untuk cabang Khot Mushaf Al-Qur’an tingkat Putri, juara 1 Irpiana Zahriana dari Kecamatan Pemenang, juara 2 Farhatun dari Kecamatan Bayan dan juara 3 Helmi Ulfiani dari Kecamatan Kayangan

Untuk cabang Dekorasi Al-Qur’an tingkat Putra, juara 1 Wahyu dari Kecamatan Pemenang, juara 2 Agus Iswadi dari Kecamatan Bayan dan juara 3 M.Syukur dari Kecamatan Gangga.

Untuk cabang Dekorasi Al-Qur’an tingkat Putri, juara 1 Zuhaeriah dari Kecamatan Bayan, juara 2 Saleha Isdayanti dari Kecamatan Pemenang.Sedangkan untuk Cabang MKMQ, putra, juara 1 dari Kecamatan Gangga, juara 2 dari Kecamatan Bayan dan juara 3 dari Kecamatan Pemenang.Dan dibagian putrid dari Kecamatan Gangga.

Untuk cabang Tilawah Murattal Al-Qur’an, Qori, juara 1 L.Abdul Qodir dari Kecamatan Pemenang, juara 2 Abdul Basith dari Kecamatan Bayan dan juara 3 Azhar dari Kecamatan Kayangan. Sedangkan dibagian Qori’ah, juara 1 Mawaddaturrahmah dari Kecamatan Pemenang dan juara 2 Rusniati,S.Pd dari Kecamatan Kayangan.

Sementara di cabang Tilawah Mujawwad, Qori’ juara 1 Hasanul Muttaqin,S.PdI dari Kecamatan Kayangan dan juara 2 Ahwil Hidar dari Kecamatan Pemenang. Qori’ah juara 1 Rahmawati dari Kecamatan Pemenang.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Hakim No.02/DH.MTQ-III/KLU/2012 tanggal 24 Mei 2012 tentang Juara Umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – III tingkat Kabupaten Lombok Utara adalah Juara Umum 1 Kecamatan Pemenang dengan nilai 116, Juara umum 2 Kecamatan Gangga dengan nilai 57, Juara Umum 3 Kecamatan Tanjung dengan jumlah nilai 42, Juara Umum 4 Kecamatan Kayangan dengan jumlah nilai 36 dan Juara Umum 5 Kecamatan Bayan dengan jumlah nilai 35.

Wakil Bupati KLU H.Najmul Akyar,SH,MH dalam sambutannya ketika menutup secara resmi pelaksanaan MTQ ke-III tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2012 di arena utama halaman depan Kantor Camat Pemenang,Kamis malam (24/05) mengatakan tidak ada menang dan kalah dan itu adalah keberhasilan kita semua.

Dikatakan Wabup, lomba MTQ ini adalah sebagai ajang silaturrahmi dan evaluasi pembinaan kegiatan MTQ di masing-masing desa hingga kecamatan.Sedangkan juara yang diperebutkan dalam ajang MTQ itu adalah sebagai bentuk penilaian terhadap pembinaan selama ini. “Kita syukuri bersama kegiatan MTQ ini sukses adalah karena keberhasilan kita semua,”katanya.

Najmul memberikan apresiasi kepada Kecamatan Pemenang yang berhasil sebagai juara umum pada MTQ yang di gelar selama hampir satu minggu ini. Sejak awal MTQ digelar di Kabupaten yang bermotto Tioq Tata Tunaq ini, Kecamatan Pemenang selalu tampil sebagai juara umum.Ini tidak terlepas dari peran serta Kecamatan Pemenang yang berada paling ujung barat KLU ini selalau ambil bagian mengirim peserta terbanyak. ”Kecamatan lain harus berjuang agar bisa menjadi juara umum,”kata Najmul memberikan semangat kepada kecamatan yang belum beruntung.

Wabup Najmul Akhyar juga menyatakan rasa bangga dan apresiasi kepada panitia yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan MTQ ini tanpa ada kendala yang berarti.Kesuksesan ini tentunya diharapkan nantinya dilanjutkan dengan sukses prestasi dimana para qori’ dan qori’ah yang menjadi juara kali ini bisa mendapatkan prestasi yang membanggakan pada MTQ tingkat Provinsi NTB Juni mendatang di Kabupaten Lombok Barat.

Dikatakannya, moment MTQ ini tentunya diharapkan terus dikembangkan sehingga mampu mencetak bibit-bibit baru di semua cabang yang di lombakan.Sehingga kedepan, KLU yang masih berusia muda ini nantinya tidak kekurangan qori’ dan qori’ah. Selain itu, Najmul berharap agar para kader-kader penggerak pada bidang yang satu ini, supaya selalu memotivasi masyarakat untuk tetap menghidupkan TPQ dan budayakan Maghrib Mengaji.

“Sehingga melalui MTQ ke-III tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2012 ini, kita pedomani Al-Qur’an untuk menuju Lombok Utara yang maju dan beradab,”katanya.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar