Kamis, 19 April 2012

Sebagai Ibukota Kecamatan Kayangan, Lokok Rangan Berbenah

Kayangan,(SK),-- Jika menyebut nama Lokok Rangan, setiap masyarakat Dayan Gunung pasti mengenalnya. Sejak tahun 1969 silam, setelah pisah dengan Desa Sesait, Lokok Rangan adalah salah satu dusun yang ada dan tertua selain Lengkukun.

Dusun yang asalnya satu di awal terbentuknya Desa Kayangan itu, kini sudah berkembang menjadi 4 (empat) dusun dan dusun Lokok Rangan ini tetap berada di jantung kota Kayangan yang sekaligus sebagai ibukota Desa dan Kecamatan Kayangan.

Dari sejak terbentuknya tahun 1969 silam, ada beberapa orang yang pernah berkuasa di desa ini, diantaranya mulai dari Amaq Juma’is,Amak Sema’in,Israil Ismail DM, Sudibyo,H.Alwi,Mustai’in,Asudin, hingga Jamaan Aspari sekarang.

Diantara nama tersebut, yang paling lama berkuasa sebagai Kepala Desa Kayangan adalah Israil Ismail DM, hampir 20 tahun. Masa kepemimpinan beliau, sudah banyak yang telah diperbuatnya, termasuk sarana dan prasarana olah raga volley ball yang terletak di depan Kantor Desa Kayangan. Orang menyebutnya stadion mini Lokok Rangan.

Berbagai event pernah digelar ditempat ini. Begitu pula dengan kegiatan akbar akhir bulan April 2012 ini, yaitu kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Kayangan.

Menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kayangan tersebut, Camat Kayangan Tresnahadi mengajak seluruh pimpinan SKPD beserta staf lingkup Kecamatan Kayangan untuk bergotong royong membersihkan lokasi lapangan volley ball Desa Kayangan,Sabtu,(14/04), dimana tempat ini nantinya akan di jadikan sebagai arena utama pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kayangan.

Seluruh karyawan Kantor Camat Kayangan dan Desa Kayangan turut ambil bagian dalam gotong royong ini. Tak ketinggalan masyarakat Lokok Rangan juga turut serta.Di tengah-tengah kerumunan masyarakat gotong royong tersebut, mantan Kepala Desa Kayangan H.Israil Ismail DM ikut pula berbaur dengan masyarakat setempat. Ini menandakan bahwa masyarakat dan tokoh di Lokok Rangan sangat mendukung momen syiar Islam yang sekali setahun digelar itu.

“Lokok Rangan ini adalah jantungnya kota Kecamatan Kayangan, maka perlu pembenahan lebih serius dari semua pihak dan keterlibatan mereka dalam membangun kebersamaan sangat menentukan keberhasilan suatu kegiatan,”kata Mawardi,SH Kasubag Keuangan Kantor Camat Kayangan.

Sementara itu,Ketua LPTQ Kecamatan Kayangan Agus Suparno,S,Hi mengatakan sangat yakin bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kayangan yang nantinya di gelar di lapangan Volly ball Desa Kayangan ini, akan sukses. “Yang penting di dukung oleh semua pihak,Insya Allah pasti sukses, ”katanya.

Senada dengan Ketua LPTQ tersebut,Kasi Kesos Edi Sutrisno,SP juga berharap yang sama. Semoga pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Kayangan yang pertamakali di gelar sejak KLU berdiri tersebut, sukses. (Eko).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar