Selasa, 24 Januari 2012

Pramuka SMPN 2 Kayangan Gelar Penghijauan

Sesait,(SK),---Kegiatan yang menarik, penuh tantangan dan mengandung nilai pendidikan dapat menumbuhkan kebanggaan bila dapat diselesaikan dengan baik dan sukses.

Seperti halnya yang dilakukan Pembina Pramuka SMPN 2 Kayangan Aryadi, momen libur menjelang Imlek menggelar perkemahan dalam rangka bakti social penanaman pohon penghijauan dilingkungan sekolahnya.

Menurut Aryadi, Penghijauan yang dilakukan kali ini berkisar sekitar lingkungan sekolah. Hal ini dimaksudkan agar lingkungan sekolah menjadi hijau,sejuk dan bersih. Sehingga kedepan, diharapkan jika pohon yang sudah ditanam ini besar, tentu suasana belajar pun akan lebih tenang,segar,nyaman dan aman.

Dikatakan Aryadi bahwa, kegiatan perkemahan yang melibatkan 60 orang anggota pramuka SMPN 2 Kayangan ini, pada intinya bakti social disekitar lingkungan sekolah. Bibit pohon yang akan ditanam, yang merupakan sumbangan dari H.Abidin Mustakim Empak Mayong tersebut, sebagian besar terdiri dari sawo manila, mahoni, cendana,jamplung,trambessi dan jati putih (gamalina).

Disamping kegiatan penghijauan, kegiatan yang menarik dan menantang peserta didik juga digelar. Aryadi mengatakan bahwa, kegiatan itu akan menarik dan menantang, manakala mereka mempunyai kebanggaan tersendiri bila dapat menyelesaikannya dengan baik dan sukses.

Kegiatan yang menarik dan menantang yang dilaksanakan seperti mengadakan perjalanan (haking) menggunakan kompas menyusuri perbukitan,panjat tebing dan susur pantai.

Kegiatan tersebut, tidak hanya diikuti oleh anggota pramuka SMPN 2 Kayangan, tetapi melibatkan juga anggota pramuka dari SPDT Pendua,SPDT Lendang Batu, SMPN 1 Kayangan, MTs Nurul Islam Kayangan dan MTs Al Ikhwan Sesait.

Dalam proses pelaksanaan suatu kegiatan yang menantang mereka mencurahkan segala uapaya, dan dengan mencari-cari teknik yang tepat untuk dapat mencapai keberhasilan atas kegiatan tersebut.

Dengan berhasilnya melaksanakan kegiatan yang menantang, peserta didik mendapatkan pengembangan kreativitas,. Kegiatan yang dapat mengembangkan aspek -aspek mental maupun pisik tersebut, mengidentifikasikan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan yang mengandung pendidikan.

“Dengan melaksanakan kegiatan yang penuh tantangan tersebut, maka setiap anggota pramuka diharapkan tumbuh rasa percaya diri, keteguhan hati, keuletan dalam usaha, pengetahuan dan pengalaman yang sangat mengesankan,”kata Kepala SMPN 2 Kayangan Munasip,S.Pd, yang selalu mendampingi siswa-siswinya ini disetiap kegiatan. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar