Jumat, 06 Mei 2011

Geliat Pemuda Sesait Mendukung Persiapan Lomba Desa

SESAIT, -- Gema Lomba Desa yang sebentar lagi digelar di Kabupaten Lombok Utara ini, membuat masing – masing  desa yang kebagian jatah lomba, lakukan berbagai persiapan.

Pada tahun ini, yang maju mewakili Kecamatan Kayangan dalam lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Utara adalah Desa Sesait.

Sebagaimana yang pernah dirilis media ini sebelumnya, berbagai persiapan jelang lomba desa tingkat Kabupaten tahun ini, Desa Sesait sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari penataan administrasi, penataan lingkungan, hingga bagaimana menggerakkan partisipasi masyarakat.

Menurut Ketua Panitia Lomba Desa Karyadin, menjelaskan bahwa, kesiapan menuju hari ’H’ nantinya, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan membentuk panitia kecil yang bertugas menangani masalah-masalah yang strategis dan spesifik.

”Panitia kecil ini bertugas menata administrasi desa, seperti data-data administrasi, Profil Desa, Selayang Pandang Desa/PKK, Papan Data dan lain-lain yang terkait dengan itu,”jelas Karyadin.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga melibatkan LPM dalam menata lingkungan. Sehingga wadah LPM yang menampung generasi muda Sesait ini, mampu memposisikan diri mereka dalam mendukung berbagai program pemerintah, khususnya lomba desa yang sebentar lagi digelar ini.

”Diantara geliat program yang telah dilakukan para pemuda Sesait yang tergabung dalam wadah LPM ini, adalah menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kerja bakti gotong royong disetiap dusun, membenahi gafura atau pintu gerbang masuk wilayah Desa Sesait, mencari situs-situs sejarah Sesait sebagai pendukung data budaya serta kegiatan-kegiatan lain yang dianggap penting,”urai Karyadin yang juga Ketua MKD/BPD ini penuh semangat.

Terkait dengan persiapan akhir jelang lomba desa tanggal 12 Mei 2011 mendatang, Ketua LPM Desa Sesait Hamdan Wadi, menjelaskan bahwa persiapan pihaknya sudah mendekati 80 %.

”Mudah-mudahan persiapan akhir jelang hari ”H” sudah rampung 100%,”terang Hamdan optimis.

”Pasalnya, persiapan yang masih tersisa belum rampung, yang kami anggap paling berat adalah tinggal profil saja,”katanya.

Sementara itu, Ketua Lang-lang (Keamanan) Ariyadi Utomo, menerangkan terkait dengan persiapan fasilitas tenaga keamanan, seperti pos jaga dan segala atributnya, pihaknya sudah mempersiapkannya. Hanya saja, menurutnya, pos-pos jaga yang sudah dipersiapkan ini ada 6 buah.
 ”Kondisi ini dilakukan, karena ke – enam pos jaga ini berada diwilayah dusun yang dianggap paling rawan,”katanya.

”Walau demikian, tidak mengenyampingkan juga keberadaan pos-pos jaga diwilayah dusun yang lainnya, harus ada,”tambahnya.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar