Sabtu, 30 April 2011

Jelang Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Desa Sesait Lakukan Berbagai Persiapan

SESAIT, -- Menjelang Pelaksanaan Lomba Desa tingkat Kabupaten Lombok Utara, kini Desa Sesait yang memiliki 23 buah dusun ini, telah melakukan berbagai persiapan.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Sesait Sahabudin, mengatakan bahwa, dalam rangka menghadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya persiapan kearah itu. Mulai dari persiapan administrasi dari semua lini, sampai kepada bagaimana menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

”Enaknya sekarang, lomba desa tidak seperti dulu lagi.Sekarang hanya penilaian secara administrasi saja. Kalau dulu dijaman orde baru, disamping penilaiannya secara administrasi, juga penilaiannya bagaimana mampu menggerakkan partisipasi masyarakat,”katanya penuh semangat.

Sahabudin mengaku, bahwa penilaian lomba desa saat ini masih tetap mengacu pada 8 indikator yang dinilai. Tetapi menurutnya, dari 8 indikator ini, pihaknya hanya memprioritaskan dua saja, yaitu bagaimana menggerakkan angka partisipasi masyarakat dan penataan administrasi desa dari berbagai lini.

Ketika ditanya, mengapa partisipasi masyarakat dalam hal ini swadaya masyarakat yang ditonjolkan, Sahabudin mengatakan, karena itu merupakan angka poin tertinggi.

”Sesait, jika dibandingkan dengan desa yang lain di Kecamatan Kayangan, Sesaitlah yang paling tinggi angka partisipasi masyarakatnya,”katanya.

Melihat kondisi fisik kantor desa Sesait saat ini, masih seperti keadaan semula belum ada perubahan dari sejak kepemimpinan Murdan. Maka Sekdes yang biasa dipanggil Budin ini menjelaskan kepada Penulis, bahwa walau kondisi fisik kantor desa Sesait seperti itu, pihaknya tetap maju dalam lomba desa tahun ini. Karena mereka berkeyakinan dalam waktu dekat akan mendapatkan dana stimulan dari Pemda KLU untuk perbaikan kantor desa Sesait yang sudah lama hanya disangga dua buah tiang petung bambu tersebut.

Menghadapi lomba desa tahun ini, pihak-pihak (dinas) yang terkait juga sering turun ke desa ini dalam pembinaan terkait dengan bidang tugas atau leading sektor masing-masing.

”Tim Penggerak PKK tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan sudah sering turun melakukan pembinaan,disamping itu, dinas terkait juga sering turun membina, seperti dari Dikbudpora, Kesehatan,Pertanian, Peternakan, dll,”ungkap Budin.

Sementara rencana pelaksanaan lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun ini, Budin belum bisa memastikannya. Yang jelas menurutnya, pelaksanaannya sekitar minggu kedua bulan mei dan untuk tingkat provinsi bulan juni mendatang.

Tetapi menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kayangan Yusminiati Tresnahadi, mengatakan bahwa pelaksanaan lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Utara yang diwakili Desa Sesait tahun ini, pastinya tanggal 12 Mei 2011 mendatang.(Eko)






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar