Sabtu, 26 Februari 2011

Musrenbang sebagai Peluang Masyarakat Mengambil Keputusan

KAYANGAN, -- Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Kayangan digelar pada urutan yang terakhir dari lima Kecamatan yang ada di KLU.

Kegiatan Musrenbang yang digelar di aula Kantor Camat Kayangan Rabu (23/02) lalu, dihadiri oleh semua Kepala Desa, Ketua BPD,TPKD, KPMD, para Pimpinan SKPD, para utusan kader desa dan dari PNPM. Dari Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, hadir Kasubid Kesejahteraan Sosial Bappeda Joko Mardianto dan Kasubid Pemerintahan Desa.

Camat Kayangan Tresnahadi mengatakan, musrenbang ini sebagai peluang bagi masyarakat dalam turut serta mengambil keputusan pembangunan, termasuk didalamnya aspek perencanaan.

“Musrenbang tidak hanya menjadi wadah bagi penyusunan rencana kegiatan yang akan dilakukan, tetapi juga sebagai saluran resmi yang dipersiapkan untuk mengkanalisasi aspirasi masyarakat dalam rangka memperoleh akses yang memadai dalam kebijakan penganggaran pembangunan,”ungkap Tresnahadi.

Oleh karenanya mutu proses dan mutu hasil musrenbang ini, akan sangat menentukan efektifitas penyaluran aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu Kasubid Kesejateraan Sosial Bappeda KLU Joko Mardianto mengatakan, bahwa Musrenbang Kecamatan mempunyai tujuan terwujudnya sinkronisasi dan keselarasan antar berbagai usulan kegiatan yang dihasilkan melalui Musrenbangdes.

Joko Mardianto juga berharap bahwa dengan Musrenbang ini, maka akan terwujud terbangunnya kesepakatan dari beberapa stakeholder se Kecamatan, tentang segala prioritas kegiatan yang dilaksanakan selama satu tahun.

Untuk program dari PNPM-MP, PNPM P2SPP dan sebagainya akan dilakukan dengan rangking atau prioritas untuk memperoleh pendanaannya. Dari Musrenbang ini menurut Joko Mardianto, diharapkan diperoleh rumusan rencana kerja pembangunan (RKP) kecamatan, adanya daftar usulan rencana kerja pembangunan (DURKP) dan adanya delegasi kecamatan yang akan berpartisipasi dalam Musrenbang tingkat Kabupaten.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar