Senin, 13 Februari 2012

Partai Demokrat Berikan Bantuan Korban Putting Beliung di Kayangan

Kayangan,(SK),-- Korban terkena bencana putting beliung yang melanda daerah Kayangan awal Februari lalu, kini giliran Partai Demokrat berikan bantuan.

Pemberian bantuan kepada 57 warga yang terkena keganasan putting beliung di empat Desa yang ada di Kecamatan Kayangan itu, dilakukan Gubernur NTB Dr. KH. Zainul Majdi, MA atas nama Partai Demokrat,Sabtu (11/02/2012).
Gubernur Nusa Tenggara Barat dalam sambutannya mengatakan, faktor pemicu terjadinya bencana selain puting beliung juga disebabkan karena kerusakan lingkungan atau hutan. Untuk itu, Gubernur minta kepada semua pihak agar bersinergi menjaga hutan, termasuk mengintegarasikan program penanggulangan bencana dalam melakukan pembangunan.

Camat Kayangan Tresnahadi,S.Pt, usai acara tersebut, ketika di konfirmasi terkait pemberian bantuan tersebut mengatakan, pemberan bantuan terhadap para korban putting beliung ini adalah untuk tingkat Kabupaten Lombok Utara, yang di pusatkan di Kecamatan Kayangan yaitu Kantor Desa Selengen. Pemberian bantuan tersebut dilakukan Gubernur NTB Dr. KH. Zainul Majdi, MA di dampingi Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH.

Tresnahadi menyebut bahwa pemberian bantuan dilakukan Pemda Provinsi NTB dan Pemda KLU dalam bentuk sembako, selimut, pakaian seragam sekolah. Pemda provinsi juga pada tahun ini akan mengalokasikan bantuan rehab rumah sebesar 150 juta rupiah untuk tingkat KLU bagi warga yang terkena musibah putting beliung tersebut.

“Bantuan ini akan diberikan langsung ke masing-masing penduduk yang kena musibah, baik yang ada di Kecamatan Kayangan maupun yang ada di Kecamatan Bayan, yang nantinya diatur pembagiannya berdasarkan berat ringannya jenis kerusakan,”katanya.

Dikatakan Tresnahadi, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara memang sudah sejak awal memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah itu, melalui BPBD KLU. Sedangkan untuk Pemda KLU sendiri melalui Dinas Sosial pada tahun anggaran 2012 ini sudah menganggarkan bantuan untuk rehabilitasi rumah yang terkena musibah di Sambik Jengkel tersebut.

“Dinas Sosial KLU sudah menganggarkan dan dipadukan dalam bentuk program bantuan rumah kumuh, artinya inilah yang dipakai untuk rehab rumah,”tandas Tresnahadi.

Untuk Desa Selengen akan mendapatkan bantuan 50 unit untuk memperbaiki rumah yang sumber dananya dari APBD KLU tahun 2012. Bantuan perbaikan rumah ini, ada yang mulai bangun baru dan ada yang hanya peningkatan kwalitas. Untuk yang bangun baru akan mendapatkan alokasi bantuan sebesar 10 juta rupiah perorang, sedangkan untuk yang peningkatan kwalitas (rehab) hanya mendapatkan bantuan dana sebesar 5 juta rupiah perorang.

Tresnahadi selaku Camat Kayangan yang juga putra pertama mantan Camat Gangga H.Siradip Arty,BA (alm) tahun 1982 itu berharap mudah-mudahan seluruh jenis program bantuan tersebut segera di realisasikan, agar masyarakat yang terkena musibah bisa bernafas lega. Yang lebih penting sekarang ini katanya, terutama rumah-rumah yang terkena musibah segera mendapatkan perhatian Pemerintah.

“Segera dibangunkan agar masyarakat cepat meakukan aktifitas sebagaimana sebelum terjadinya bencana yang menimpa mereka,”katanya.

Berdasarkan informasi dari Kabid Sosial bahwa bantuan tersebut segera di eksekusi setelah anggaran bisa dicairkan. Mudah-mudahan akhir Februari atau awal Maret dana tersebut bisa di eksekusi,katanya.(Eko).
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar